Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata PMM: Topik "Perencanaan Pembelajaran SMA"

 


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN FISIKA

A. Identitas

Mata Pelajaran

:

IPA-Fisika

Fase/ Kelas

:

E/ X

Sekolah

:

SMA Negeri 1 Bebandem

Penyusun

:

I Putu Sudarsana, S.Pd.,M.Pd

B. Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk responsif terhadap isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, mengkomunikasikan hasil dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan apilkasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nano teknologi, bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.

C. Capaian Pembelajaran Per Elemen

     1. Elemen Pemahaman Fisika

          Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam  pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

     2. Elemen Keterampilan Proses

          1) Mengamati

Peserta didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan pengukuran dan pengamatan.

          2) Mempertanyakan dan Memprediksi

Peserta didik mampu mempertanyakan dan memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang ada dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah.

          3) Merencanakan dan Melakukan PenyelidikanPe

  • Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan penyelidikan/penelitian.
  • Peserta didik membedakan variabel, termasuk yang dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang sesuai dengan tujuan penyelidikan. Peserta didik menentukan langkah langkah kerja dan cara pengumpulan data.

          4) Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

  • Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara teliti dan benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai.
  • Peserta didik menerapkan teknis/ proses pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan, menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak lanjut/saran dari hasil penelitian.

          5) Mencipta

Peserta didik mampu menggunakan hasil analisis data dan informasi untuk menciptakan ide solusi ataupun rancang bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

          6) Mengevaluasi dan Merefleksi

  • Peserta didik berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
  • Peserta didik mengajukan argumentasi ilmiah dan kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggungjawab terhadap usulannya.
  • Peserta didik bersikap jujur terhadap temuan data/fakta.

          7) Mengkomunikasikan Hasil

    • Peserta didik menyusun laporan tertulis hasil penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data, cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian /penyelidikan secara lisan atau tulisan
    • Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta konsep, menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar, dan menggunakan media yang sesuai dalam penyajian hasil pengolahan data. Peserta didik mendeskripsikan kecenderungan hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika.

D. Tujuan Pembelajaran

Adapun tujuan pembelajaran yang bisa dijabarkan dari capaian pembelajaran, yaitu:

10.1     Menjelaskan dan merancang prosedur kerja ilmiah untuk menyelidiki hubungan antar variabel pada suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari.

10.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran dan menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat

10.3    Mendiagramkan bentuk energi dan transformasinya dalam fenomena kehidupan sehari-hari, serta mengajukan gagasan penggunaan sumber energi alternatif

10.4    Menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.

E. Alur Tujuan Pembelajaran





Penjabaran Alur Tujuan Pembelajaran IPA-Fisika Fase E

Tujuan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Kata Kunci

Alokasi Waktu

Profil Pelajar Pancasila

10.1

Menjelaskan dan merancang prosedur kerja ilmiah untuk menyelidiki hubungan antar variabel pada suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari.

1.  Menjelaskan metode ilmiah untuk penyelidikan suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari

2.  Menjelaskan keselamatan kerja dalam melakukan praktikum di laboratorium

3.  Merancang prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja dalam melakukan praktikum di laboratorium

-      Metode Ilmiah

-      Keselamatan Kerja di Laboratorium

6 JP

Berintegritas dan menjaga keselamatan diri dalam keselamatan kerja; Memahami keterhubungan ekosistem bumi dan menjaga lingkungan (akhlak mulia wujud Beriman dan Bertakwa);

 

Menetapkan tujuan dan rencana, serta mengembangkan kendali dan disiplin diri (wujud Kemandirian);

 

Menunjukkan kolaborasi dan komunikasi untuk tujuan bersama (wujud Bergotong royong);

Memperoleh dan mengolah informasi serta menganalisis, mengevaluasi, merefleksi, dan mengevaluasi pikirannya sendiri (wujud Bernalar kritis);

 

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan (wujud Kreativitas);

10.2

Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran dan menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat

1.  Mengelompokkan besaran fisika ke dalam besaran pokok dan besaran turunan

2.  Menganalisis satuan dengan besaran fisika yang sesuai

3.  Mengidentifikasi macam-macam alat ukur sesuai dengan besarannya

4.  Menerapkan prinsip notasi ilmiah dan aturan angka penting dalam menuliskan hasil pengukuran besaran fisika

5.  Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan peralatan dan teknik yang tepat

6.  Menyajikan data yang telah dikumpulkan dari hasil pengukuran berikut ketelitiannya mengikuti kaidah angka penting

-      besaran pokok dan turunan;

-      satuan baku dan tidak baku;

-      pengukuran langsung dan tidak langsung;

-      alat ukur dan penggunaannya;

-      penyajian hasil ukur (angka penting dan notasi ilmiah)

27 JP

10.3

Mendiagramkan bentuk energi dan transformasinya dalam fenomena kehidupan sehari-hari, serta mengajukan gagasan penggunaan sumber energi alternatif

1.   Mengklasifikasikan bentuk-bentuk energi dasar

2.   Menganalisis bentuk energi yang terlibat pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

3.   Mendiagramkan transformasi energi dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

4.   Menganalisis konsep energi potensial, energi kinetik, dan energi mekanik dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari

5.   Menganalisis konsep energi kalor dan energi listrik dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari

6.   Menganalisis keberlakuan hukum kekekalan energi mekanik pada peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

7.   Mengidentifikasi masalah ketersediaan energi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal

8.   Menganalisis potensi sumber energi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal

9.   Merancang pembuatan alat atau prototipe penghasil energi sederhana, sebagai solusi masalah ketersediaan energi

10.    Membuat alat atau prototipe penghasil energi sederhana,

11.    Menyajikan hasil pembuatan alat sederhana penghasil energi dan cara kerjanya

-      bentuk energi dan transformasinya;

-      perkembangan penggunaan berbagai sumber energi;

-      sumber energi alternatif

-      rancangan pembuatan alat penghasil energi alternatif

24 JP

10.5

Menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.

1.   Mengidentifikasi gejala/fakta-fakta terjadinya pemanasan global terkait perubahan lingkungan

2.   Mengidentifikasi penyebab terjadinya pemanasan global dalam kaitannya dengan perubahan lingkungan

3.   Menganalisis dampak pemanasan global terhadap perubahan lingkungan

4.   Menyajikan solusi untuk meminimalkan dampak pemanasan global dalam kaitannya dengan perubahan lingkungan

5.   Melakukan proyek untuk meminimalkan dampak pemanasan global

6.   Menyajikan/presentasi proyek yang sudah dilaksanakan dalam meminimalkan dampak pemanasan global

7.   Melakukan evaluasi dan refleksi terhadap proyek yang sudah dilaksanakan dalam meminimalkan dampak pemanasan global

Gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, dan pemanasan global

9 JP


Lihat lebih lengkap Artikel ini pada CP-ATP IPA Fisika Fase E

Mohon umpan balik pada kolom komentar, dengan mengacu pada pertanyaan berikut:
  1. Apakah tujuan pembelajaran sudah menunjukkan kompetensi yang perlu murid capai? Jelaskan alasannya.
  2. Apakah tujuan pembelajaran selaras dengan kompetensi dalam Capaian Pembelajaran? Jelaskan alasannya.
Terimkasih,Salam dan Bahagia.

5 komentar untuk "Aksi Nyata PMM: Topik "Perencanaan Pembelajaran SMA""

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantap. Tujuan pembelajaran yang dijabarkan dari capaian pembelajaran sudah sesuai dengan kompetensi yang perlu dicapai murid. Tujuan Pembelajaran Sudah mencakup capaian pada elemen pemhaman fisika dan keterampilan proses

    BalasHapus
  3. Tujuan pembelajaran untuk masing-masing materi sudah menunjukkan kompetensi yang dicapai murid seperti menjelaskan, menerakpan, mendiagramkan dan menyakian merupakan serangkana kompetensi baik pemahaman fisika maupun keterampilan proses. Tujuan pembelajaran yang diangkat sudah selarah dengan tagihan CP di akhir fase E. dimana murid melalui kegiatan pembelajaran yang mendekatkandengan lingkungan dan kehidupannya sehari0hari akan mampu menjadikan peserta didik lebih responsip terhadap isu-isu global dan mampu menjandikan dirinya berperan aktif dalam upaya penanggulangan isu tersebut

    BalasHapus
  4. Keren dan sangat menginspirasi. TP sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan untuk dicapai oleh peserta didik dan sudah mencakup capaian pada elemen pemahaman fisika.

    BalasHapus
  5. Sangat menginspirasi dan bermanfaat, Alur Tujuan Pembelajaran yang dibuat sangat komperhensif sesuai dengan kebutuhan belajar murid dan karakteristik peserta didik di fase E. Tujuan pembelajaran yang dirancnag juga sudah selaras dengan Capaian pembelajaran yang diharapkan di fase E karena sudah menggunakan kata kerja operasional yang tepat sesuai karakteristik materi pada capaian pembelajaran

    BalasHapus