Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Minggu Ke-2 Calon Guru Penggerak


 

Oleh

I Putu Sudarsana, S.Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan 4

Kabupaten Karangasem-Bali

 

Pada minggu kedua ini refleksi kegiatan Pendidikan Guru Penggerak masih menggunakan model DEAL (Description, Examination, and Articulation of Leraning)  dalam merefleksikan pendidikan guru penggerak yang saya ikuti. Adapun jurnal refleksi saya pada minggu kedua adalah sebagai berikut.

Description

Pada minggu kedua, yaitu 25 – 29 Oktober 2021, pembelajaran yang dilakukan merupakan kelanjutan minggu pertama. Akhir minggu pertama, pembelajaran telah sampai pada modul 1.1.a.5, yaitu Ruang Kolaborasi-Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD. Selanjutnya, pada hari senin tanggal 25 Oktober 2021, materi dilanjutkan pada modul 1.1.a.5.1 Ruang Kolaborasi-Presentasi Kerangka Pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD secara virtual. Pada kegiatan ini kelompok saya presentasi dengan menggunakan media poster. Setiap anggota kelompok mempunyai peran masing-masing, yaitu moderator, presenter, notulis, penanya, dan pemberi tanggapan. Kegiatan diskusi dipandu oleh fasilitator dengan sabar, penuh perhatian, dan berupaya melibatkan seluruh calon guru penggerak untuk urun pendapat. Usai presentasi, kami menyempurnakan hasil presentasi kemudian mengunggahnya pada LMS, yaitu pada  modul 1.1.a.5.2 Ruang Kolaborasi-Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai Pemikiran KHD.

Pada tanggal 26 Oktober 2021, kegiatan dilanjutkan pada modul 1.1.a.6 Refleksi Terbimbing –Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’. Kegiatan refleksi ini dilakukan dengan berpedoman pada empat pertanyaan pemantik tentang pengetahuan dan pengalaman baru apa yang saya dapat setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya pada tanggal 27 Oktober 2021, kegiatannya adalah menuangkan pemahamannya atas pemikiran KHD dalam konteks perannya sebagai guru dan interaksinya dengan siswa dan warga sekolah. Pada modul 1.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual – Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya ini, CGP diberi kebebasan untuk membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun, dan saya memilih membuat komik sederhana. Pembelajaran terakhir di minggu kedua ini, yaitu tanggal 29 Oktober 2021 adalah modul 1.1.a.8 Elaborasi Pemahaman – Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah lain yang sudah menerapkan Merdeka Belajar.  Pada kegiatan ini saya menyimak hal-hal baru yang disampaikan oleh Majelis Luhur Perguruan Taman Siswa dan praktek baik dari sekolah lain yang sudah menerapkan pemikiran filosofi KHD.

 

Examination

Dalam pembelajaran daring melalui LMS di Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kedua ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman baru tentang pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara. Dalam sesi demonstrasi kontekstual saya mendapat pengalaman baru membuat komik tentang salah satu pemikiran KHD. Pada sesi elaborasi pemahaman, saya dibagi praktik baik tentang penerapan pemikiran filosofi Ki Hadjar Dewantara. Tentunya hal ini bisa diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Tantangan dalam melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak di minggu kedua ini adalah masih tentang manajemen waktu dan pengaturan skala prioritas. Dimana tugas pokok sebagai seorang guru harus tetap dilaksanakan serta kegiatan sehari-hari dalam keluarga dan masyarakat.

Articulation

Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kedua ini memberikan pengalaman positif bagi saya, yaitu kemandirian dalam menyelesaikan tugas, berpikir kritis, muncul kreativitas, berkolaborasi dan memperoleh inspirasi dari narasumber ahli yang sudah menerapkan pemikiran KHD. Hal ini membuat pikiran lebih terbuka, walaupun belum mampu sepenuhnya menerapkan pemikiran filosofi KHD dalam pembelajaran di kelas. Namun, secara perlahan kita upayakan untuk menggeser pembelajaran kita, sehingga guru benar-benar menjadi penuntun dan pembelajaran benar-benar berpihak pada murid.

Karangasem, 30 Oktober 2021

Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu Ke-2 Calon Guru Penggerak"