Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagi Praktik Baik Pembelajaran dengan Fitur-Fitur Rumah Belajar

 

Oleh I Putu Sudarsana

 


Setelah melewati Pembatik Level 1, Level 2, dan Level 3, tibalah di Level 4 dengan 30 guru terpilih di masing-masing provinsi. Kepada 30 guru hebat ini disematkan gelar Sahabat Rumah Belajar 2022.

Sahabat Rumah Belajar, ijinkan saya I Putu Sudarsana, pada kesempatan ini berbagi kegiatan Berbagi Praktik Baik Pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur Rumah Belajar, yang saya lakukan sebagai Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2022.

Dari 30 Sahabat Rumah Belajar (SRB) Provinsi Bali tahun 2022 ini, 4 orang di antaranya berasal dari Kabupaten Karangasem, yaitu sebagai berikut.

1)    I Putu Sudarsana (SMA Negeri 1 Bebandem)

2)    I Gusti Ayu Agung Damayanti (SMP Negeri 1 Sidemen)

3)    Ni Made Milayani Suarningsih (SD Negeri 2 Bungaya)

4)    Luh Putu Nani Sindudewi (SD Negeri 2 Bungaya)

Dalam melaksanakan tugas, kedelapan SRB ini berkoordinasi dan berkolaborasi membagikan praktik baik pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur Rumah Belajar serta sosialisasi platform merdeka mengajar. Kegiatan diawali pada hari senin tanggal 24 Oktober 2022, yaitu menghadap ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, dan diterima dengan baik oleh bapak I Komang Budiarta selaku Sekretasis. Pada intinya bapak Sekdis mendukung dengan penuh kegiatan yang hendak dilakukan oleh SRB Bali Kabupaten Karangasem dan diminta untuk mengkoordinasikan hal-hal yang bisa dibantu.

 


Gambar 1. SRB Bali 2022 Kabupaten Karangasem

bersama bapak I Komang Budiarta

            Mendapat dukungan penuh dari bapak sekdis, SRB Bali Kabupaten Karangasem langsung melakukan kegiatan berkolaborasi dan berbaginya secara online pada  Rabu 26 Oktober 2022, yang menyasar guru-guru di Kabupaten Karangasem, baik jenjang TK, SD, SMP, maupun SMA dan SMK. Undangan di sebarkan melalui whatsapp group dari komunitas-komunitas guru yang ada di Kabupaten Karangasem.

 


Gambar 2. Flyer Kegiatan SRB Bali 2022 Kabupaten Karangasem

Secara Online


Gambar 3. Kegiatan Ngopi: Ngobrol Pintar Bareng SRB Bali 2022

Kabupaten Karangasem


Mengingat terbatasnya waktu, SRB Bali Kabupaten Karangasem ini memutuskan untuk melanjutkan kegiatan berbagi praktik baik pembelajaran secara individu di sekolah masing-masing, namun tetap berkoordinasi. Di SMA Negeri 1 Bebandem, dalam berbagi praktik baik pembelajaran, saya menggunakan pendekatan individu. Dimana menurut saya pendekatan ini lebih efektif, santai, tidak terikat waktu, karena bisa dilakukan di sela-sela kegiatan/waktu istirahat guru. Di sini saya menunjukkan kepada rekan guru praktik baik yang sudah saya lakukan memanfaatkan fitur dalam portal rumah belajar. Praktik baik tersebut sudah saya unggah di Bukti Karya pada Platform Merdeka Mengajar. Jadi sekalian mengenalkan fitur-fitur yang ada di flatform merdeka mengajar. 


Gambar 4. Kegiatan Berbagi Praktik Baik Pembelajaran

Di SMA Negeri 1 Bebandem pada Waktu Istirahat Perayaan Bulan Bahasa

Saya menyadari bahwa sosialisasi pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar melalui berbagi praktik baik pembelajarannya tidak cukup dilakukan dalam rentang waktu yang diberikan pada kegiatan pembatik Level 4. Oleh karena itu, saya secara konsisten mengintegrasikan fitur-fitur rumah belajar yang relevan pada pembelajaran di kelas, seperti laboratorium maya dan sumber belajar. Praktik baik pembelajaran yang sudah pernah saya lakukan, yaitu berjudul “Wujudkan Pembelajaran Berpusat Pada Murid Melalui Pemanfaatan Laboratorium Maya”. Karya praktik baik pembelajaran saya ini sudah saya bagikan pada kegiatan Temu Pendidik Nuasantara 9, pada tanggal 27 Agustus 2022.

 


Gambar 5. Berbagi Praktik Baik Pembelajaran dalam TPN 9

Berbagi praktik baik pembelajaran juga saya lakukan pada kegiatan Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem, pada tanggal 14-15 Oktober 2022. Pada kesempatan ini saya memperoleh kesempatan berkolaborasi dengan Calon Guru Penggerak lainnya untuk berbagi praktik baik pembelajaran yang dilakukan. Praktik baik pembelajaran saya berjudul “Pembelajaran SOLE dengan Praktik Sederhana Berbantuan Fitur Sumber Belajar”. Saya juga merasa beruntung penyajian praktik baik pembelajaran saya diberikan saran oleh salah satu Kepala Sekolah yang bertugas juga sebagai penilai angka kredit. Karena praktik baik pembelajaran yang saya buat, saya rencanakan juga akan digunakan sebagai prasyarat kenaikan pangkat.

Gambar 6. Berbagi Praktik Baik Pembelajaran dalam Lokakarya 7

Program Pendidikan Guru Penggerak


Demikian sekilas cerita yang bisa saya bagikan, dalam mengikuti kegiatan PembaTIK level 4 di tahun 2022 ini. Rekam jejak say aini bisa juga disaksikan dalam tayangan vlog saya sebagai berikut.



 

 

Posting Komentar untuk "Berbagi Praktik Baik Pembelajaran dengan Fitur-Fitur Rumah Belajar"